Tradisi Lama Jelang Puasa, Warga Mangun Jayo Goro Bersihkan Lingkungan

Dibaca: 80 kali
Kompak, Warga Kampung Danau Raya Dusun Mangun Jayo Goro Bersama.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dua hari memasuki bulan suci Ramadhon, masyarakat Dusun Mangun Jayo, Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Kabupaten Bungo, Jambi melakukan gotong royong di seputaran makam dan jalan sekitar.

Tradisi seperti itu, memang sudah menjadi agenda rutin setiap tahun sebelum masuknya bulan puasa. Hal itu dibenarkan oleh Kapala Kampung, Danau Raya, Masturi ketika dibincangi.

Menurut Masturi, gotong royong seperti yang sedang dilaksanakan tersebut, bentuk ketjasama antara masyarakat dengan perangkat Dusun yang ada. Karena lewat gotong royong, kebersamaan tetap terjaga, serta menjaga lingkungan agar tetap bersih.

“Ya seperti inilah, kondisinya yang kami alami terutama di Kampung Danau Raya, masyarakat masih menjunjung tinggi kebersamaan lewat kerja bakti membersihkan areal makam serta jalan perkampungan,” kata Masturi.

Terpisah, Arif salah satu anggota BPD Dusun Mangun Jayo, saat dibincangi dia mengatakan, memang kegiatan gotong royong masih membudaya di tengah masyarakat, karena lewat kegiatan seperti sekarang, dusun menjadi terlihat lebih bersih sehingga jauh dari penyakit.

“Kalau secara keseluruhan, semua areal makam sudah dibersihkan oleh masing-masing RT dan Kampung. Kalau hari ini, khusus untuk Kampung Danau Raya saja. Selain gotong royong seperti ini, kami juga aktif ronda malam bergantian untuk menjaga kamtibmas,” pungkasnya. (zek)

ADVERTISEMENT






ADVERTISEMENT

Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*