Lulusan SMK Lebih Terampil Bahkan Siap Terjun Kedunia Kerja

Dibaca: 199 kali

SIDAKPOST.ID,TEBO – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dirancang untuk mencetak lulusan yang siap terjun ke dunia kerja. Dengan demikian, pendidikan karakter yang dilakukan pada jenjang ini, fokus pada penyiapan lulusan yang berkualitas masuk kelevel tersebut.

Seperti yang di ungkapkan salah satu siswi SMK Negeri 6, Kabupaten Tebo, Vivi Ida Rahmawati, ia bersama siswa yang lain sengaja memilih sekolah di sekolah kejuruan.

“Dengan sekolah di SMK, besar harapan tamat sekolah nanti kami sudah bisa masuk kedunia kerja. Tak hanya itu bekal yang di peroleh di pendidikan kejuruan ini, kedepan sangat banyak manfaatnya ditengah masyarakat,” ungkap Vivi Ida Rahmawati, Rabu (13/9).

Kini kata Vivi, ia dan kawan-kawannya tengah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kantor Lurah Wirotho Agung, Kecamatan Rimbo Bujang. Memilih jurusan administrasi perkantoran adalah kehendak sendiri.

“Kami manggang selama tiga bulan, berbagai hal yang kami lakukan di Kantor Lurah ini. Kami lebih tau bagai mana pengarsipan surat menyurat, baik surat keluar maupun surat masuk,” tuturnya lagi.

Tak hanya Vivi, ungkapan yang sama disampaikan salah satu siswi kelas III SMK Negeri 2 Tebo, Nur Ilham, dia merasa bangga bisa sekolah di sekolah kejuruan. Karena banyak ilmu yang didapat untuk bekal turun ke dunia kerja setelah menamatkan sekolah ataupun selesai kuliah.

“Kami sangat senang bisa PKL bersama kawan-kawan dari sekolah SMK lain. Karena disini kami semua ditempah menjadi siswa siap tampil di dunia kerja,”tutup Nur Ilham.

Terpisah, Kasi Pem Trantibum Amir Said mengatakan, pihaknya membenarkan adanya siswa yang magang atau PKL dari SMKN 2 Tebo dan SMKN 6 Tebo di Kantor Lurah.

“Ya, seperti tahun sebelumnya kantor kami selalu menerima siswi magang. Harapan kedepan semua siswi magang ini, bisa memiliki pengalaman yang siap terjun ke dunia kerja dan bermanfaat bagi masyarakat luas,”tukasnya. (asa)

 

Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*