Dishub Tebo Uji Laik Armada, Banyak Sopir Kabur Terbirit Birit

Dibaca: 276 kali

SIDAKPOST.ID,TEBO – Dishub, Kabupaten Tebo, Jambi melaksanakan pengecekkan dan uji Laik (kelayakan) armada angkutan lebaran 1439 Hijriyah, yang dipusatkan di Terminal Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, Senin (11/6/2018).

Pada uji Laik kendaraan angkutan lebaran ini yang dilakukan oleh Dishub Tebo, Sat Lantas Polres Tebo dan ORGANDA Kabupaten Tebo kurang dipatuhi oleh pengusaha PO angkutan penumpang.

Diketahui, masih banyak armada angkutan penumpang tidak mau masuk ke terminal Rimbo Bujang untuk mengikuti uji Laik armada.

“Sopir Bus angkutan penumpang dan Travel baik AKAP maupun AKDP terpantau tidak mau masuk ke Terminal Rimbo Bujang bahkan mereka para Sopir tersebut terkesan seperti ketakutan dan malahan ngebut terbirit-birit,” kata Kabid Lalin Herman Felani.

Bahkan kata dia, sebelumnya, tim gabungan dari Dishub, Polres, Dinkes dan Organda di tempat yang sama menggelar pra Uji kelayakan angkutan penumpang lebaran.

Pemeriksaan kesehatan Sopir dengan mengambil sample urine para Sopir dan hasilnya diduga ada Sopir yang terindikasi mengkonsumsi narkoba.

Hasil uji laik armada angkutan lebaran ditemukan beberapa armada yang tidak layak beroperasi, seperti ban mobil sudah gundul, rem tidak pakam lagi dan lainnya.

“Seperti Bus Sari Mustika keadaan Ban sudah gundul, lanjut kita perintahkan diganti dengan ban yang standar. Habis lebaran idul Fitri, tim gabungan Dishub Tebo akan menggelar razia besar – besaran, ” ujar Herman Felani.

Ketua Organda Kabupaten Tebo Endita MS, dikonfirmasi menyebutkan, banyak Sopir Angkutan lebaran membandel tidak mau masuk kedalam Terminal Rimbo Bujang untuk mengikuti uji laik kendaraan dan bahkan kabur seperti ketakutan.

Untuk PO angkutan penumpang yang berhasil diuji kelayakan seperti 10 armada Teluk Kembang dan 10 Tavel Vadia. Masih banyak pengusaha PO angkutan yang tidak menghiraukan instruksi Tim ganbungan Dishub Tebo untuk mengikuti Uji laik kendaraan.

Seperti Bus RAPI dan Medan Jaya dan lainnya tidak mau masuk Terminal malahan kabur. “Kita himbau kepada pengusaha PO angkutan supaya mempersiapkan kelengkapan dan surat kendaraannya, menghadapi razia habis lebaran ini. “Pungkas Endita, Ketua Organda Tebo. (asa)

ADVERTISEMENT




















ADVERTISEMENT

Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*