Jadwal Pelantikan Kades Terpilih di Tebo Masih Menunggu Proses SK

Dibaca: 170 kali
Ilustrasi Pelantikan Kades.

SIDAKPOST.ID, TEBO – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tebo sudah usai digelar pada 30 Juni 2018. Pada pelaksaan Pilkades di Tebo berjalan lancar, aman dan kondusif.

Para calon Kades tepilih dari 38 Desa yang tercatat sebagai penyelenggara Pilkades serentak pun saat ini masih menunggu waktu untuk pelantikan yang nanti akan dilakukan oleh Bupati Tebo.

Namun, kapan waktu pelantikan belum dapat dipastikan jadwalnya dikarenakan Dinas PMPD Kabupaten Tebo saat ini sedang memproses SK Kades terpilih jelang pelantikan paska pelaksanaan Pilkades serentak digelar.

“Saat ini SK pelantikan para calon Kades terpilih masih dalam proses yang nantinya akan ditandatangani oleh Bupati. Jadi belum bisa dipastikan kapan waktunya pelantikan,” ujar Sekda Tebo, Abu Bakar beberapa hari kemarin.

Lanjut Sekda, untuk Kepala Desa yang masa Jabatannya belum habis maka jadwal Pelantikan Kades Terpilih disesuaikan dengan habisnya masa Jabatan kepala Desa tersebut.

“Kades yang masih masa Jabatanya yang kita tunggu sampai habis, karena tidak mungkin memotong masa Jabatan yang ada,” terangnya.

Sementara, Ansori Kabid Pemberdayaan Desa Dinas PMPD, Kabupaten Tebo mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tebo tidak menemui permasalahan yang cukup berarti.

Hanya saja ada salah satu desa yang menemui permasalahan, seperti di Desa Pagar Puding Lamo dan permasalahan tersebut diakuinya sudah sampai ke PMPD.

Satu Desa lagi yakni di Desa Rantau Langkap bahwa pihaknya, tidak akan mencampuri karena tahapan – tahapan Pilkades serentak di Desa Rantau Langkap sudah dijalankan dan tidak ada permasalahan.

“Dua Desa di Kabupaten Tebo yakni Pagar Puding Lamo dan Rantau Langkap timbul gejolak paska Pilkades serentak digelar,” kata dia.

Untuk Desa Pagar Puding Lamo disana ada 5 calon Kades dan 4 calon Kades yang kalah menuntut agar Pilkades diulang karena panitia Pilkades dinilai tidak profesional.

“Untuk Pilkades Desa Rantau Langkap, calon Kades terpilih ditepis isu atas dugaan ijazah yang diragukan keabsahannya, “pungkasnya. (asa)

ADVERTISEMENT


ADVERTISEMENT

Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*