Aster KASAD Panen Raya Padi Bersama Masyarakat Koya

Dibaca: 31 kali

SIDAKPOST.ID, JAYAPURA – TNI Angkatan Darat mendukung sepenuhnya program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Presiden RI Jokowi. TNI AD melalui jajaran babinsa yang berada di tengah tengah masyarakat secara terus menerus melakukan pendampingan terhadap masyarakat.

Demikian dikatakan Asisten Teritorial (Aster) Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Mayjen TNI Supartodi saat melakukan panen raya padi bersama masyarakat Koya, Sabtu (5/4/2018).

Panen raya ini dilakukan serentak namun untuk lokasi kemarin seluas 6 hektar  di Jln. Wamena kelurahan Koya Barat, distrik Muaratami, Kota Jayapura .

Dalam kesempatan itu, Mayjen Supartodi berharapkan dengan adanya semangat menanam padi maka program swasembada pangan segera tercapai. “Harga disini perkilonya 10.000 dan diatas harga yang ditetapkan oleh bulog atau negara sebesar 8.000. Tentunya ini sudah baik. Petani akan sejahtera,” ujarnya.

Sebut, Supartodi jika nanti produksi masyarakat melimpah maka Bulog sebagai perpanjangan tangan pemerintah akan turun tangan membeli hasil produksi padi milik masyarakat.

Sementara itu, Khorudin Kono  selaku PJS Sekda Kota Jayapura mengatakan, perlu diketahui bahwa kawasan yang musti dipanen adalah 5500 Hektar, sedangkan yang telah dipanen sekitar 4200 Hektar.

“Pada panen pertama dilaksanakan oleh bapak walikota Jayapura, terima kasih kami ucapkan kepada Kelopok tani Wilayah Koya Barat yang telah menyukseskan panen raya padi kami. Atas nama pemerintah Kota Jayapura akan terus mendukung kinerja dari para kelompok tani dalam mewujudkan pangan yang berkualitas, bergizi tinggi dan mantap,” ujar Pjs Sekda.

Khorudin Kono, sangat mengapresiasi kepada TNI AD atas kerjasamanya dalam hal memberikan kemanan, kenyamanan, dan perhatian lebih terhadap pertanian sehingga para petani ini dapat bekerja dengan baik tanpa merasa takut akan gangguan dari luar kedepannya.

“Kami harapkan di semua jenis pertanian dapat berjalan dengan baik pula sehingga tidak hanya padi saja namun semua sektor pertanian dapat memperlihatkan hasil yang baik,” ujarnya

Sementara, Pangdam XVII/Cenderawasih dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI I. Nyoman Cantiasa mengatakan bahwa, pangan yang bermutu, bergizi, dan berimbang, merupakan suatu persyaratan dalam menunjang kesehatan, kemakmuran, kesejateraan rakyat.

“Pemenuhan pangan dan gizi merupakan faktor penting dalam usaha pembangunan manusia Indonesia yang berkualitas guna meningkatkan daya saing bangsa, untuk itu panen raya padi yang kita laksanakan pada hari ini di harapkan dapat mewujudkan kemandirian, kedaulatan dan ketahanan pangan sehingga Provinsi Papua mampu mencapai Swasembada Pangan ” ujar Kasdam.

Lebih lanjut dikatakannya, TNI AD khususnya Kodam XVII/Cenderawasih bekerjasama membangun pertanian di daerah ini sejalan dengan amanah konstitusi yang tercantum di dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI AD dalam memperdayaan wilayah pertahanan di darat.

Dalam konteks tersebut maka TNI AD dituntut mampu mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh dalam menghadapi ancaman yang salah satunya dengan mendukung terwujudnya ketahanan pangan secara nasional yang mantap.

“Selain itu rakyat adalah pendukung dan penguat  TNI AD  dalam setiap tugas yang di emban, manunggal dengan rakyat TNI AD Kuat, hal inilah yang selalu melandasi TNI AD dalam melaksanakan tugas dan aman dengan penuh hati, dan sebaik-baiknya tanpa mengabaikan kesiapsiagaan oprasional satuan,” ujar Kasdam.

Pada panen raya ini juga diserahkan  bantuan mesin pertanian (Hand Tractor) sebanyak 14 unit, secara simbolis  oleh Mayjen TNI Supartodi S.E Msi kepada  Meryono yang mewakili Kelompok Tani Koya Barat. (red/jnn)

ADVERTISEMENT








































ADVERTISEMENT

Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*